Mengenal Ciri-ciri Pergaulan Sehat dan Tips Menjalaninya




Contoh persahabatan di golongan remaja Tiap orang-tua tentu inginkan anaknya terjebak dalam pertemanan sehat. Oleh karenanya, Anda terlebih dulu harus ketahui apakah yang dimaksud dengan pertemanan sehat serta karakter dari persahabatan itu. 

Pertemanan sehat ialah proses hubungan di antara individu dengan individu lain atau barisan yang berjalan dengan cara normal serta positif. Yang disebut normal ialah tiap individu mengetahui jika pertemanan itu dilaksanakan supaya tiap orang dapat meningkatkan watak dengan cara positif.

Pertemanan yang sehat akan membuat ciri-ciri individu yang baik. Sebaliknya, pertemanan kurang sehat (contohnya pertemanan bebas) akan datangkan efek yang memberikan ancaman hari esok anak Anda.

Apa karakter dari pertemanan sehat?Remaja ialah babak yang penting pada anak sebab di waktu berikut buah kesayangan Anda mulai semakin banyak habiskan waktu dengan beberapa temannya dibandingkan orang-tua. Anda kemungkinan lihat anak Anda bertukar hasrat musik, lakukan hoby yang baru, atau memakai baju yang seperti dengan kawan akrabnya.

Rekan yang baik akan memberikan impak yang baik, begitupun sebaliknya. Oleh karenanya, orang-tua harus mengenal karakter pertemanan yang sehat supaya anak tidak terjerembab pada pertemanan bebas yang mempunyai potensi menghancurkan waktu depannya.

Ciri-ciriitisik pertemanan sehat yang disebut ialah:

Sama-sama menghormati

Sahabat anak harus ketahui hak serta kewajibannya untuk seorang individu hingga tidak ada privacy yang dilanggar dalam pertemanan sehat itu. 

Yakin

Keyakinan ialah hal positif yang dibuat dengan cara setahap bersamaan berjalannya pertemanan sehat, tetapi dapat hancur saat ada janji yang tidak ditetapi.

Jujur

Pertemanan yang sehat tidak membuat anak Anda malu dengan keadaannya sendiri sebab temannya akan terima anak Anda dengan kelebihan serta kekurangannya.

Komunikasi

Komunikasi yang disebut ialah dapat jadi pendengar yang baik waktu temannya mempunyai permasalahan serta memberikan saran yang baik juga jika dibutuhkan.
Ke-4 karakter pertemanan sehat ini harus diraih secara positif, yaitu dengan tidak menyertakan alkohol serta beberapa obat terlarang. Alkohol serta narkoba bisa menyebabkan anak berlaku agresif, lakukan sex bebas, dan lakukan tindak kriminil yang akan menjerumuskannya pada pertemanan kurang sehat.

Faedah terjebak dalam pertemanan sehatSeperti disinggung di atas, pertemanan sehat akan bawa ciri-ciri anak yang positif juga. Disamping itu, anak akan mendapatkan beberapa faedah lainnya, misalnya: 

Membuat anak mempunyai arah yang positif dalam kehidupan

Tingkatkan kebahagiaan serta kurangi depresi

Tingkatkan keyakinan serta harga diri anak

Menyemangati anak untuk hindari gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok, minum alkohol, narkoba, serta sex bebas.

Pada beberapa lingkungan persahabatan, pertemanan sehat akan tingkatkan kesehatan fisik anak keseluruhannya. Studi menyebutkan anak yang mempunyai koneksi sosial semakin banyak berusia semakin panjang dibandingkan anak dengan cakupan sosial yang kecil.

[[artikel-terkait]]

Bagaimanakah cara jaga pertemanan sehat?Sesudah Anda pastikan anak terjebak dalam pertemanan sehat, ajari dia untuk dapat menjaga skema persahabatan semacam itu. Banyak hal yang dapat dilaksanakan anak dalam ini ialah:

Sama-sama menghormati, yakin, jujur, serta komunikasi

Pertemanan bebas harus dilandaskan pada 4 karakter yang disebut di atas. Bila ada diantaranya saja yang tidak dilaksanakan anak, karena itu dia dapat disebut sudah tidak berhasil menjaga pertemanan sehat.

Jangan mengadili

Kesemua orang punyai pilihan serta alasan semasing dalam melakukan tindakan yang kadang berbeda dengan nilai yang diyakini oleh anak. Saat hal tersebut berlangsung, dia harus mengingat jika mengadili ketidaksamaan cuma akan membuat persahabatan berjalan kurang sehat.

Jangan mengulas terburukan

Tiap orang punyai kekeliruan serta kekurangan hingga bukan kemampuan kita untuk menggunjingnya. Bila ada hal yang perlu diperbarui dalam diri seseorang yang ada pada cakupan pertemanan sehat anak, seharusnya langsung biacarakan sama orang itu lewat bahasa yang baik serta tidak menyentuh perasaan.

Sama-sama maafkan

Pertemanan sehat bukan bermakna belum pernah ada perselisihan yang berlangsung didalamnya. Tetapi, persahabatan yang kompak akan buka ruangan untuk sama-sama maafkan hingga jalinan baik akan kembali lagi terhubung tanpa sakit hati atau rasakan sakit hati yang tidak terobati.

Itu keterangan mendalam tentang pertemanan sehat. Sampaikan nilai-nilai pertemanan sehat semenjak awal supaya anak Anda dapat mengaplikasikannya saat dia remaja serta bergerak dewasa.

Postingan populer dari blog ini

Besarnya Manfaat Posyandu Remaja bagi Generasi Muda

Perbedaan PAUD, Playgroup, TK yang Perlu Diketahui Orangtua

Film Anak-anak Ini Cocok Ditonton Bersama Si Kecil di Rumah